Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aksi Galang Dana RC Bersama Aliansi Pemuda Se-Kec. Randuagung Untuk Palu Donggala

Sebagai bentuk solidaritas ratusan muda-mudi yang tergabung dalam Aliansi Pemuda Randuagung Lumajang yang terdiri dari Randuagung Communty, GP Ansor, Osis dan Pramuka se Kecamatan Randuagung melakukan Aksi Solidaritas dalam bentuk penggalangan dana untuk korban bencana.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa bencana Alam Gempa Bumi dan Tsunami yang menimpa sulawesi tengah beberapa hari yang lalu banyak menimblkan korban jiwa dan harta benda.

BNPB mencatat saat ini korban jiwa akibat Gempa dan tsunami mencapai 1.407 jiwa diantaranya di 1.203 di Palu, 144 Donggala, 64 Sigi, 12 Parigi Moutong, dan seorang di Pasang Kayu.

Kegiatan penggalangan dana ini sebetulnya sudah dimulai pada hari sabtu kemarin yang berahir pada hari ini, Minggu (07/10/2018).



Sebelum melakukan aksi galang dana yang sudah direncakan akan dilakukan dibeberapa tempat di wilayah kabupaten Lumajang ini, para relawan berkumpul di aula Pendopo Kecamatan untuk mndengarkan beberapa pengarahan untuk pelaksanaan kegiatan.

Acara dibuka langsung oleh Camat Randuagung, Abdul Basar, SH. didampingi Danramil Randuagung Kapten inf. Ahmad Eli Supriyadi.

Menurut Abdul Basar, kegiatan ini merupakan aksi sosial yang di inisiasi para pemuda dan siswa. Dan kita patut mengapresiasi semangat untuk memupuk kepedulian dan rasa ikhlas siswa dan pemuda terhadap korban bencana.

Aksi turun kejalan yang dilakukan PAC GP Ansor Kec. Randuagung Dan Organisasi RC (Randuagung Community) ini dimulai pada pukul 08:00 WIB dengan menempatkan para relawan masing-masing di beberapa tempat seperti di Kecamatan Klakah, Kecamatan Kedung Jajang, Kecamatan Jatiroto dan Kecamatan Randuagung.





Semangat yang tinggi untuk berbagi terus menggebu meskipun saat itu terik matahari menyengat.

Mereka rela berdiri di setiap pinggir jalan dan mengajak bagi para pengguna jalan yang melintas untuk bergotong-royong membantu saudara-saudara yang tertimpa musibah dengan menyumbangkan sedikit harta benda yang mereka miliki.

Menurut mereka, rasa empati muncul dari para relawan yang peka terhadap keadaan sekitar. Sebab di sana ada teriakan orang tua, tangisan anak kecil yang membutuhkan.



Berbeda dengan para pemuda ANSOR dan Randuagung Community yang mengumpulkan dana husus di jalan raya, puluhan siswa-siswi yang tergabung dalam Gerakan Pramuka dan OSIS juga melakukan aksi simpatik dengan mengelilingi perkampungan di Kec. Randuagung.

Dengan berbekal kardus yang bertuliskan "Aksi Solidaritas Peduli Palu dan Donggala" tersebut, para siswa menghampiri setiap rumah yang mereka lalui.

Husus bagi Gerakan Pramuka dan OSIS ini, penggalangan dana dimulai Pukul 08.00 pagi sampai dengan pukul 11.00 siang dan sengaja penyelenggara melibatkan para siswa-siswi dengan harapan agar mereka mengenal yang namanya arti solidaritas sesama manusia.



Salah satu anggota Gerakan Pramuka, Diana, mengaku, "meski sumbangan yang diberikan tidak besar, namun saya dan teman-tema berharap dukungan moril dan materil ini bisa meringankan derita korban bencana Gempa dan Tsunami di Palu dan Donggala", ucapnya.

Acara penggalangan bantuan untuk korban gempa bumi dan tsunami Sulawesi Tengah ini berakhir pada pukul 17.00 wib.

Kerja keras yang dilakukan Aliansi Pemuda se-Kecamatan Randuagung ini mendapat apresiasi yang baik dari lapisan masyarakat sehingga dana yang terkumpul dalam aksi ini sebesar Rp. 16.150.000,- (enam belas juta seratus lima puluh ribu rupiah), beberapa paket sembako (beras dan minyak goreng) dan puluhan kardus pakaian layak pakai serta selimut.



Menurut Aminullah selaku ketua Randuagung Community menyampaikan bahwa kegiatan ini bukan semata-mata kita lihat dari hasil yang diperoleh, akan tetapi ini merupakan panggilan hati untuk ikut meringankan penderitaan saudara kita yang terdampak musibah bencana alam ini.

Usai menggelar aksi simpatik para relawan melakukan sholat maghrib dan do'a bersama sebelum nantinya hasil sumbangan akan diserah terimakan oleh Aliansi Pemuda Se-Kecamatan Randuagung pada saudara Taufiq sebagai perwakilan dari Laziznu Lumajang di Posko pengumpulan bantuan bencana yang terletak di Alun-alun Lumajang.



Berikut Daftar Ormas Dan Lembaga Pendidikan yang tergabung dalam "Aliansi Pemuda -Se-Kecamatan Randuagung":

Ormas:
1. PAC Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Randuagung
2. Randuagung Community

OSIS:
1. MTs Darussalam Randuagung
2. SMPN 02 Randuagung
3. SMK Roudlatul Ulum Tunjung
4. SMA Al Maisaroh Salak
5. SMPI Roudlatul Ulum

Pramuka:
1. SMK Roudlatul Ulum Tunjung
2. MTs Darussalam Randuagung
3. MTs Muhammadiyah
4. SMPN 02 Randuagung