Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Stasiun Randuagung


Stasiun Randuagung (RDA) merupakan stasiun kereta api kelas III/kecil yang terletak di Randuagung, Randuagung, Lumajang.

Stasiun yang terletak pada ketinggian +98 meter ini termasuk dalam Daerah Operasi IX Jember.

Stasiun ini terletak di pinggir jalan raya Klakah-Jember yang lama.

Stasiun ini memiliki tiga jalur kereta api dengan jalur 2 sebagai sepur lurus, jalur 3 untuk persilangan atau persusulan antarkereta api, dan jalur 1 yang jarang digunakan.

Saat ini tidak ada kereta api yang berhenti di stasiun ini, kecuali jika terjadi persilangan dan persusulan antarkereta api.

Ke arah timur stasiun ini, sebelum Stasiun Jatiroto, terdapat Stasiun Kaliboto yang kini sudah non aktif karena lokasinya yang kurang strategis dan jaraknya yang tidak terlalu jauh dengan Stasiun Jatiroto.

Sedangkan ke arah barat stasiun ini, sebelum Stasiun Klakah, terdapat Stasiun Buwek yang juga sudah non aktif dengan alasan yang hampir sama dan jaraknya tidak terlalu jauh dengan Stasiun Klakah.

Bangunan Stasiun Buwek masih ada sisa-sisanya walau sudah hampir tertutup tetumbuhan dan semak belukar.

Insiden
Pada tanggal 7 Mei 2010, kereta api Mutiara Timur relasi Surabaya-Banyuwangi anjlok di km 145 dekat Stasiun Randuagung. Kecelakaan KA yang terjadi pada pukul 12.10 ini telah menyebabkan ratusan penumpangnya telantar.

Post a Comment for "Stasiun Randuagung"