Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pelatihan Cagar Budaya Di Candi Agung Randuagung



Minggu (14/09) Candi Agung yang terletak di desa Randuagung kecamatan Randuagung kabupaten Lumajang menjadi tempat di laksanakannya "Pelatihan Registrasi Cagar Budaya" yang dilaksanakan oleh Masyarakat Peduli Peninggalan Majapahit (MPPM) Timur bekerjasama dengan Tim Dosen Jurusan Arkeologi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

Acara pelatihan yang dilaksanakan sekitar pukul 09:30 WIB tersebut diikuti oleh kelompok dan komonitas pemerhati cagar budaya, diantaranya Taman Baca Budaya Salam (Jember), Laskar Patih Nambi (Randu Agung), kelompok diskusi sejarah dari pelajar SMA Negeri 3 Lumajang, SMA Negeri 1 Tempeh, penggiat cagar budaya dari kabupaten Situbondoserta teman - teman dari Randuagung Community.

Peserta pelatihan dibagi menjadi 3 kelompok yang masing-masing terdiri dari 5 hingga 7 orang. Tim Dosen dan mahasiwa pascasarjana Jurusan Arkeologi Fakultas Ilmu Budaya UGM memberikan arahan tentang prosedur dan tatacara pengisian formulir pendaftaran cagar budaya serta praktek bagaimana cara mengukur benda-benda yang berhasil ditemukan.






Setelah praktek mengukur panjang, lebar, tinggi dan seterusnya, masing-masing kelompok menulis di form yang sudah disedikan untuk diregistrasi sebagai cagar budaya.

Formulir pendaftaran cagar budaya berisi tentang kategori objek, apakah objek yang ditemukan itu berupa benda, bangunan, struktur situs dan kawasan. Lalu nama objek, tempat objek lengkap dengan alamatnya. Ukuran meliputi panjang, lebar, tinggi dan ketebalan. diameternya (dasar, badan, tepian) juga perlu diisi. Di dalam form itu memuat soal bahan utama, warna, batas langsung (utara, timur, selatan, barat), nama pemilik, alamat pemilik, nomer KTP pemilik, nama pengelola, alamat pengelola, nomer KTP pengelola dan riwayat kepemilikan.

Dari acara pelatihan ini diharapkan peserta bisa berperan aktif dalam pelestarian cagar budaya dan peninggalan sejarah di daerah masing-masing yang belakangan sangat kurang mendapatkan perhatian masyarakat dan juga pemerintah.

Post a Comment for "Pelatihan Cagar Budaya Di Candi Agung Randuagung"