Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Relawan Demokrasi Randuagung Selenggarakan Sosialisasi Pemilu

Randuagung Community (RC) bersama lintas komunitas di Kecamatan Randuagung yang tergabung dalam Relawan Demokrasi menggelar sosialisasi pemilu tahun 2019, pada Sabtu (23/2/2019) yang bertempat di Pendopo Kecamatan Randuagung.

Acara sosialisasi tersebut diikuti sekitar 100 orang yang didominasi pemuda sebagai basis pemilih milenial yang diharapkan mempelopori pemilu damai dan cerdas dalam menentukan pilihan secara demokratis.

Kegiatan yang dimulai sekitar pukul 09.00 tersebut selain dihadiri Forum Komunikasi Kecamatan (FORKOPIMCA) yang pada kali ini diwakili oleh Camat dan Kapolsek Randuagung juga dihadiri oleh Penyelenggra Pemilu Tingkat Kecamatan (PPK) dan Panitia Pengawas Tingkat Kecamatan (Panwascam) serta Ketua Komunitas Randuagung Community (RC) dan Ketua Ansor Kecamatan Randuagung .

Beberapa hal yang menjadi perbincangan dalam sosiliasi tersebut di antaranya tentang waktu pelaksanaan pemilu, peserta pemilu, tata cara pencoblosan, macam-macam surat suara yang dicoblos, dan hal-hal yang berkaitan dengan pemilu.



Menurut Aminulla, S.Pd. (Ketua Randuagung Community) menyampaikan bahwa sosilisasi semacam ini menjadi sesuatu yang sangat penting, karena dimungkinkan terjadi kebingungan dalam melakukan pencoblosan dibilik suara, karena banyaknya kartu suara dan parpol peserta pemilu yang harus dipilih.

Peserta sosialisasi nantinya diharapkan mampu menjelaskan kepada pemilih bagaimana cara mencoblos yang benar, sehingga suara yang diberikan menjadi sah dan tepat sesuai dengan pilihan masing-masing pemilih.

"Yang paling penting juga adalah kehadiran pemilih, jangan sampai karena banyaknya peserta pemilu membuat pemilih malas untuk datang ke TPS, karena memelih dalam pemilu adalah salah satu cara menentukan arah masa depan bangsa ini kedepan". ujar Muhamad Rofik Ketua Ansor Kecamatan Randuagung.

Dengan adanya sosialisasi tersebut, Relawan Demokrasi basis komunitas diharapkan mampu menumbuhkan semangat dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pemilu.

Peserta sosilisasi terlihat antusias dan menyimak paparan dari para pemateri Relawan Demokrasi, Penyelenggara Pemilu dan Panwaslu.

Ketua PPK Randuagung, Wiwit Dwi Prasetyo menyampaikan bahwa "PPK selaku penyelenggara Pemilu ditingkat Kecamatan akan terus memberikan sosialisasi dan edukasi pada masyarakat melalui Divisi Perencanaan Data dan Informasi,” jelasnya.