Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

VIDEO: RC Dance Kece! Karnaval Cinta Budaya, Cinta Indonesia


KARNAVAL, salah satu ajang kreativitas anak bangsa dalam memeriahkan kemerdekaan HUT RI ke-74 yang rutin digelar di Kecamatan Randuagung setiap tahunnya.

Randuagung Community (RC) sebagai komunitas pemuda se-kecamatan Randuagung tidak pernah absen menunjukkan kreativitas terbaik dalam mengekspresikan kecintaan mereka pada tanah air lewat tari tradisional Indonesia.

Perpaduan tari tradisional dari berbagai daerah disuguhkan demi atraksi megah dan modern, diantaranya; tari Ratoh Jaro (Aceh) yang pernah ditampilkan dalam Opening Ceremony Asian Games 2018, Bungong Jeumpa (Aceh), Soleram (Riau), Ampar-Ampar Pisang (Kalimantan Selatan), Cuplak-Cuplak Suweng (Jawa Timur), Yamko Rambe Yamko (Papua), Gemu Famire (Nusa Tenggara Timur).

Banyak pujian menghujani penampilan RC di sepanjang jalan raya Desa Tunjung (Start) menuju Randuagung (Finish). Bahkan tidak segan-segan RC menampilkan tarian apiknya di beberapa titik yang tidak dinilai demi permohonan kebahagian masyarakat Randuagung. Seperti pada tahun 2018, banyak viewer yang mengakses channel YouTube Randuagung Community untuk memuaskan mata kembali akan penampilan RC.

RC berinovasi dan tampil beda, meski sebenarnya sudah tidak sesuai dengan tata tertib karnaval yang harus menampilkan satu tarian saja dan truk dihias sesuai tema tarian. Sekalipun jelas-jelas tidak akan menorehkan kemenangan karena melawan arus, mereka tetap hadir dalam ketulusan hati dan kobaran semangat demi penampilan terbaik yang selalu ditagih dan ditunggu masyarakat Randuagung setiap tahunnya.

74 tahun Indonesia merdeka. Sudah cukup umur dan para pemuda RC sadar, Indonesia tidak tersusun atas batas peta. Negara Indonesia seluas Sabang sampai Merauke yang kaya akan budaya. Tidak bisa bungkam untuk menunjukkan bahwa mereka adalah bagian bangsa yang besar, yaitu bangsa yang bebas berekspresi, berkarya, dan menghapus batas-batas kreativitas.

Pemuda RC, generasi bangsa yang siap memajukan Randuagung, berani muncul untuk membudayakan teladan cinta budaya, cinta tanah air.
“Kami padamu Indonesia,” kompak RC.