Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mahasiswa Universitas Jember Lakukan Studi Budaya dan Sejarah Candi Agung


Sabtu (11/01), 5 Mahasiswa Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jember mengadakan kunjungan ke Candi Agung yang terletak di Desa Randuagung, Kabupaten Lumajang dalam rangka studi budaya dan sejarah.

Situs Candi Agung dijadikan objek kajian penulisan sejarah dalam penyusunan tugas akhir kuliah.

Pengkajian ini bertujuan untuk memberikan informasi sejarah terutama tentang peradaban majapahit dan kerajaan di bawahnya kepada masyarakat terutama generasi milenial.

Fabri Dwi Mahendra, selaku koordinator studi budaya dan sejarah tersebut memiliki harapan agar Candi Agung dapat menjadi tempat yang mengedukasi masyarakat dan akses menuju lokasi dapat ditata ulang kembali.

"Studi budaya dan sejarah ini diharapkan dapat mengedukasi masyarakat terutama generasi milenial dan akses menuju Candi Agung ini dapat ditata ulang kembali," ketus Fabri.

Dalam kegiatan ini, banyak harapan yang dapat terlaksana dengan baik ke depannya. Pemerintah daerah setempat diharapkan menjadikan Candi Agung sebagai salah satu objek wisata sejarah di Kabupaten Lumajang khususnya Kecamatan Randuagung sendiri. Dengan begitu, Candi Agung dapat menjadi ikon Kecamatan Randuagung.

Balai Purbakal juga diharapkan agar melakukan eskavasi terhadap candi. Jika memang sudah pernah dilakukan eskavasi, diharapkan dapat dilanjutkan ke tahap pugarisasi karena situs tersebut merupakan situs penting bersejarah. Apabila terbengkalai, apa yang dapat diceritakan kepada anak cucu di masa depan kelak.

Fabri juga berharap agar masyarakat dan generasi muda sekitar dapat terus merawat Candi Agung dengan baik.

"Saya berharap masyarakat sekitar dapat menjaga dan merawat dengan baik. Juga memanfaatkan candi sebagai sarana edukasi sehingga dapat menumbuhkan cinta akan sejarah negara kita sendiri. Seperti kata Bapak Proklamator Indonesia, Ir. Soekarno yang menyatakan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang mengharagai sejarahnya," imbuhnya.