Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Agenda Tahunan Peringatan Hari Lahir Pancasila Oleh Keluarga Besar Gunung Puji

Agenda Tahunan Peringatan Hari Lahir Pancasila Tanggal 1 Juni Oleh Keluarga Besar Gunung Puji

Rabu, 01 Juni 2022 Anggota dan Pengurus Randuagung Community menghadiri Undangan dari Padepokan Paseban Agung Sunyoruri Gunung Puji Klakah, dalam rangka Acara Peringatan Hari Lahir Pancasila.

Acara peringatan ini merupakan agenda tahunan yang rutin di peringati mulai tahun 2000.

Peringatan ini di prakarsai oleh Begawan Citro Sridonosasmito atau yang biasa dikenal dengan Nama Mbah Citro.

Niat tulus mbah citro sangat kuat, dalam bertekat ingin menjadikan 1 Juni sebagai peringatan Hari lahirnya pancasila untuk dapat dijadikan sebagai hari besar nasional (tanggal merah).

Dengan bantuan Tuhan Yang Maha Esa akhirnya pada tahun 2016 akhirnya 1 Juni diresmikan menjadi hari libur nasional.

Dan tepat pada bulan berikutnya yakni pada tanggal 1 Juli 2016 Mbah Citro wafat pada usia 114 tahun.

Pada tahun 2022 ini Randuagung Community mendapat kesempatan untuk mengikuti acara peringatan hari lahir pancasila kali ini.

Selain dari Randuagung Community, acara ini juga di hadiri oleh Tamu undangan lain seperti Camat Klakah, Kapolsek Klakah, Danramil Klakah, DPRD Fraksi PDI, Forum Kerukunan Umat Beragama Lmj, Pemuda Pancasila, SABDA AJI, PETA dan segenap Para Tamu Undangan lainnya yang turut Hadir pada acara ini.

Acara Peringatan Hari Lahir Pancasila ini dibuka oleh Menyanyikan Lagu Wajib Nasional "Indonesia Raya", Sambutan-sambutan oleh Para tokoh pembesar Pemerintahan Desa, Kecamatan, dan Kabupaten, Pemutaran Video Dokumenter Pancasila, Mocopatan oleh Sabda Aji, Doa bersama ssbagai wujud syukur atas Ideologi yang di Miliki Negara Indonesia yakni Pancasila, dan acara di tutup dengan acara Makan Tumpeng Bersama seluruh Tamu Undangan.

Acara berlangsung dengan khidmat, sekalipun cuaca sedang hujan, para tamu dan undangan antusias dalam mengikuti Acara demi acara yang berlangsung.

Rasa kerukunan dan kekeluargaan terjalin dengan kuat, hal itu terbukti dengan begitu akrabnya para tamu undangan yang melebur dan berkumpul bersama, saling bertegur sapa, ramah tamah sembari menikmati suguhan yang ada, hal ini sudah sesuai dengan keinginan Mulia Mbah citro yang ingin menciptakan Kerukunan dalam Naungan Pancasila.

Penyelenggaraan Ritual-ritual besar di Paseban Agung Sunyoruri Gunung Puji bukan hanya Peringatan Hari Lahir Pancasila pada tanggal 1 Juni, namun juga ada Acara Peringatan besar yang diselenggarakan yakni Peringatan 1 suro.

Sementara untuk acara tersebu di dapat dari saudara-saudara yang ikhlas membantu terlaksananya kegiatan ritual tersebut, Karena bisa dibilang tidak ada sponsor untuk melakukan setiap ritual yang di selenggarakan. Sehingga kegiatan ritual tetap terlaksana meskipun dengan kesederhanaan tapi tidak merubah dan mengurangi kesakralan acara tersebut.

Dengan adanya acara ini, semoga setiap Warga Negara Indonesia khususnya bagi para Pemuda tetap memegang teguh Nilai-nilai Pancasila dalam berkehidupan Berbangsa dan Bernegara, hal itu agar Persatuan, kerukunan, keadilan, dan kesejahteraan dapat tercipta bagi seluruh Bangsa Indonesia.

Dan tentunya juga untuk menyingkirkan Paham-paham Radikal yang dapat mengancam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

SELAMAT HARI LAHIR PANCASILA.!

Post a Comment for "Agenda Tahunan Peringatan Hari Lahir Pancasila Oleh Keluarga Besar Gunung Puji"